Sunday 14 February 2016

Puasa Senin Kamis dan niat doanya kumplit


Puasa Senin Kamis dan niat doanya 
Ada macam-macam puasa sunnah dalam agama islam diantaranya  yaitu :

1. Puasa Enam Hari di Bulan Syawal
Baik dilakukan secara berturutan ataupun tidak. Keutamaan puasa romadhon yang diiringi puasa Syawal ialah seperti orang yang berpuasa selama setahun (HR. Muslim).

2. Puasa Sepuluh Hari Pertama Bulan Dzulhijjah
Yang dimaksud adalah puasa di sembilan hari yang pertama dari bulan ini, tidak termasuk hari yang ke-10. Karena hari ke-10 adalah hari raya kurban dan diharomkan untuk berpuasa.

3. Puasa Hari Arofah
Yaitu puasa pada hari ke-9 bulan Dzuhijjah. Keutamaan: akan dihapuskan dosa-dosa pada tahun lalu dan dosa-dosa pada tahun yang akan datang (HR. Muslim). Yang dimaksud dengan dosa-dosa di sini adalah khusus untuk dosa-dosa kecil, karena dosa besar hanya bisa dihapus dengan jalan bertaubat.

4. Puasa Muharrom
Yaitu puasa pada bulan Muharrom terutama pada hari Assyuro’. Keutamaannya adalah bahwa puasa di bulan ini adalah puasa yang paling utama setelah puasa bulan Romadhon (HR. Bukhori)

5. Puasa Assyuro’
Hari Assyuro’ adalah hari ke-10 dari bulan Muharrom. Nabi sholallohu ‘alaihi wasssalam memerintahkan umatnya untuk berpuasa pada hari Assyuro’ ini dan mengiringinya dengan puasa 1 hari sebelum atau sesudahnhya. Hal ini bertujuan untuk menyelisihi umat Yahudi dan Nasrani yang hanya berpuasa pada hari ke-10. Keutamaan: akan dihapus dosa-dosa (kecil) di tahun sebelumnya (HR. Muslim).

6. Puasa Sya’ban
Disunnahkan memperbanyak puasa pada bulan Sya’ban. Keutamaan: bulan ini adalah bulan di mana semua amal diangkat kepada Robb semesta alam (HR. An-Nasa’i & Abu Daud, hasan).

7. Puasa pada Bulan Harom (bulan yang dihormati)
Yaitu bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharrom, dan Rojab. Dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah pada bulan-bulan tersebut termasuk ibadah puasa.

8. Puasa Senin dan Kamis
Namun tidak ada kewajiban mengiringi puasa hari Senin dengan puasa hari Kamis atau sebaliknya. Keduanya merupakan hari di mana amal-amal hamba diangkat dan diperlihatkan kepada Alloh.

9. Puasa 3 Hari Setiap Bulan
Disunnahkan untuk melakukannya pada hari-hari putih (Ayyaamul Bidh) yaitu tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan. Sehingga tidaklah benar anggapan sebagian orang yang menganggap bahwa puasa pada harai putih adalah puasa dengan hanya memakan nasi putih, telur putih, air putih, dsb.

10. Puasa Dawud
Yaitu puasa sehari dan tidak puasa sehari. Kemudian puasa sehari dan tidak puasa sehari. Keutamaannya adalah karena puasa ini adalah puasa yang paling disukai oleh Alloh (HR. Bukhori-Muslim).


Kali ini saya akan bahas bacaan atau lafadz niat puasa senin kamis, sbg puasa sunat terkenal di kalangan kaum muslimin. Puasa Senin Kamis yaitu salah satu puasa sunnah yg dilakukan tiap-tiap hri senin & hri kamis, karenanya tidak sedikit orang yg mengemukakan puasa sunah ini yakni puasa senin kamis. 

DOA NIAT PUASA SENIN KAMIS 
Doa atau bacaan niat puasa hri Senin Kamis itu sangat mudah sangat sekali. Bagi kamu yg belum menghafalnya, tak butuh ma untuk menghafalnya sebab disini kita dapat menuntut ilmu denganmenghafalkan bacaan niat puasa sunah senin & kamis dalam bahasa arab, latin & artinya dengan cara kumplit
Di Samping kita dapat menghafalkan niatnya, disini aku pula bakal sedikit menjelaskan beberapa keutamaan & manfaat berpuasa di hri senin & kami. Adapun utk bacaan doa niat puasa sunah senin kamis ialah juga sebagai berikut : 
Bacaan Arab Niat Puasa Sunah Hri Senin 

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً للهِ تَعَالَى 

Latinnya : 
NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA 
Artinya : 
Aku niat puasa hri Senin sunnah sebab Allah ta’ala. 
Sedangkan utk bacaan niat puasa senin kamis terhadap hri kamis, bacaannya merupakan sbg berikut : 
Bacaan Niat Puasa Sunah Hri Kamis 

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً للهِ تَعَالَى 
Latinnya : 
NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA 
Artinya : 
Aku niat puasa hri Kamis, sunnah sebab Allah ta’ala. 
Itulah bacaan lafadz niat puasa sunnah Senin & Kamis dalam bahasa arab, latin & artinya. Mari rekan-rekan baca berulang-ulang kali utk menghafalkannya. 
MANFAAT & FADHILAH PUASA SENIN KAMIS 


Seluruh ibadah yg dianjurkan oleh Rasulullah utk dilaksanakan tentu mempunyai hikmah tersembunyi yg kadang kita tak tahu. Seperti halnya Puasa sunah Senin Kamiscmempunyai manfaat & fadhilah yg banyak sekaliMengapa Nabi menganjurkannya? Nyata-nyatanyahri senin & hri kamis yaitu hri yg di dalamnya mempunyai keistimewaan & keutamaan tersendiri. Diantaranya ialah, segala amal aksi manusia terhadap hri senin & kamis di periksa oleh malaikat. 



Rasulullah SAW bersabda yg artinya : 


“ Segala amal aksi manusia terhadap hri Senin & Kamis bakal diperiksa oleh malaikat, sebab itu saya gemar diwaktu amal perbuatanku diperiksa saya dalam keadaan berpuasa.” (HR. Tirmidzi). 


Di Samping itu ada keistimewaan lain yg dipunyai oleh puasa sunnah senin kamis.Keistimewaan ini diberikan oleh Allah SWT. Bagi tiap-tiap umat muslim yg inginmengerjakannya , Allah SWT dapat memberikan pahala puasa dengan cara cepat terhadap yg mengerjakannya. Seperti yg sudah diterangkan oleh Allah SWT dalam hadits Qudsi-Nya : 


“ Puasa itu Milik-Ku & Saya sendiri yg bakal membalasnya. & kebaikan itu bakal dilipat gandakan sejumlah 10 kali lipat”. (HR. Bukhari & Abu Daud). 


Dalam hadist di atastujuan dari "Puasa" yakni puasa dengan cara umum, baik puasa wajib ataupun puasa sunnah. Tak selain puasa sunnah senin kamis ini. 


Lantaran itu kita umat Islam amat sangat dianjurkan utk melakukan puasa sunnah di ke-2 hri tersebut, yakni puasa sunnah hri senin & hri kamis. Apakah kawan-kawantelah melaksanakannya? Mudah-mudahan dgn adanya sedikit ulasan berkaitan manfaat & keutamaan puasa senin kamis ini bisa terhubung hati para pembaca seluruhnyautk menjalankannya. 


Begitu tulisan berkaitan niat doa puasa Senin & Kamis yg dapat aku sampaikan, termasuk juga manfaat dari puasa Senin Kamis, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi pembaca sekalian. 


Dulu dengan cara apa bacaan doa Berbuka puasa Senin Kamis? Sebenarnya tak berlainan dgn bacaan doa berbuka puasa kepada biasanya& berikut ialah lafadz doa berbuka puasa senin kamis dalam bahasa arab, latin & terjemahannya 


اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ 


Latinya : 


Allaahumma laka shumtu wa 'alaa rizkqika afthartu, dzahabazh zhoma-u wabtallatil 'uruuqu watsabatal ajru, insyaa Allaah. 


Artinya : 
“Ya Allah cuma Untuk-Mu saya berpuasa dan dgn Rezki-Mu saya berbuka. Sudah sirna dahaga, urat-urat sudah basah dan pahala sudah terus insya Allah Ta’ala” 




Demikian tata cara puasa senin kamis dan doanya semoga bermafaat

No comments:

Post a Comment